Hanyalah sebuah coretan

Ketika Kasmaran Melanda

Tidak bisa kita pungkiri,manusia selalu bersentuhan dengan yang namanya cinta . dan kecintaan seseorang terhadap lawan jenisnya ini bisa menimbulkan buah kerinduan terhadap lawan jenis.orang yang mencintai akan merindukan orang yang dicintainya,dan biasanya kerinduan ini seringkali membekaskan luka. dan seperti yang kita ketahui dalam ajaran islam,telah dijelaskan bagaimana aturan tentang pergaulan antara pria dan wanita.salah satunya yaitu kedua2nya hendaklah saling menundukan pandangan,tidak bersentuhan satu sama lain yang bukan mahram,dan diperintahkan untuk saling menutup aurat.dan menghindarkan diri dari setiap hal2 yang bisa menjerumuskan ke zinah,seperti berduan2 dengan lawan jenis,dan semisal itu

dan dari aturan2 yang telah ada ini telah jelas,bagaimana kita bisa menghukumi dengan apa yang namanya pacaran.walaupun pacaran itu terselubung,melalui chating,sms maka selama ada hal2 yang dilarang tadi,selama hal2 tersebut belum dihalalkan oleh Allah dan rasulnya,,maka itu adalah hubungan yang terlarang

mereka pasti ingin mendapatkan jalan keluar atau solusi,bagaimana mengatasi kerinduan antara lawan jenis lagi agar tidak terjerumus kepada hal2 yang haram.

diantara kiat yang ditempuh,untuk menghilangkan rasa cinta atau rindu antara lawan jenis tadi,maka langkahnya

langkah utama

mereka berusaha untuk menyegerakan nikah sedini mungkin.agar tidak terjerumus kepada hal2 yang diharamkan

rasulullah saw, mengingatkan kepada pemuda yang telah memiliki kemampuan untuk menikah agar segera menikah

Abdullah Ibnu Mas’ud Radliyallaahu ‘anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda pada kami: “Wahai generasi muda, barangsiapa di antara kamu telah mampu berkeluarga hendaknya ia kawin, karena ia dapat menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan. Barangsiapa belum mampu hendaknya berpuasa, sebab ia dapat mengendalikanmu.” Muttafaq Alaihi.

Maka dari hadis ini,yang pertama di sini nabi mengisaratkan kepada para pemuda,,yang namanya syabab selama orang tersebut <50 tahun.

Pemuda yang memiliki ba’ah.apa ba’ah itu,secara bahasa bermakna jima’ (hubungan suami istri).

Namun pengertian dalam hadits ini ulama ada 2 pendapat :

1.       Pendapat pertama,memaknakan ba’ah disini sama dengan pengertian nya secara bahasa

Walaupun itu maknanya jima’,namun tetap yang ditunutkan dalam masalah ini tetap harus memiliki kemampuan dalam member nafkah.

2.       Telah memiliki kemampuan untuk member nafkah kepada istri dan keluarga.

Ini memiliki titik persamaan.yaitu mereka menyuruh pemuda tersebut,telah memiliki kemampuan untuk member nafkah.

Dgn menundukan pandangan rasa rindu dan cinta itu bias teredam,karena dengan menikah bias menundukan pandangan dan menjaga kemaluan.

Puasa sebagai obat pengekang diri pemuda tersebut.

Solusi yang paling mujarab

Ikhlas dalam beribadah

Berusaha ketika ibadah selalu mengharapkan wajah Allah swt,kenapa bias jadi solusi?

Ketika ikhlas beribadah,maka cinta Allah akan mengalahkan segala cinta dan segala kerinduan.

Ibnu taimiyah ;: sungguh ketika hati sudah merasakan manisnya beribadah kepada Allah  dan telah ikhlas kepada NYa,niscaya dia tidak akan menjumpai hal2 lain yang lebih manis dari manisnya ibadah kepada Allah,dan tidak menjumpai yang lebih nikmat,indah,baik daripada ibadah.

Manusia itu tidak akan meninggalkan sesuatu yang dicintainya,melainkan setelah memperoleh kekasih laen yang lebih dicintainya,mreka akan meninggalkan kerinduan dgn lawan jenis tadi,apabila dia memiliki cinta yang lebih baik,yaitu cinta pada Allah.

Oleh karena itu apabila hati sudah tersibukan oleh cinta kepada Allah,dengan nikmat beribadah nya kepada Allah.maka kecintaan kepada hal2 yang lain akan bias teredam dan hilang.

Hal laen untuk yang sekolah atau kuliah

Banyak memohon kepada Allah swt

Banyak memohon agar terlepas dari kerinduan atau rasa kasmaran atau cinta yang melanda dirinya.mohon agar  dihindarkan dengan rasa seperti itu kepada seseorang yang belum halal bagi dirinya dan ingatlah,setiap doa itu akan pasti akan bermanfaat,bias dikabulkan,bias simpanan,atau menghindarkan dari keburukan yang semisa;

Sebagaimana rasulallah pernah bersabda :

Tidaklah seseorang  muslim yang memanjatkan doa kepada Allah,selama doa tersebut tidak  mengandung dosa,dan memutuskan silaturahmi antar kerabat,melainkan Allah akan memberinya 3 hal

1.       Allah akan segera mengabulkan doa tersebut

2.       Allah akan menyimpanya baginya di akherat kelak(bekal)

3.       Allah akan menghindarkan dari kejelekan yang semisal

Pada saat sahabat mendengar ini,maka sahabat2 akan banyak berdoa,dan nabi takbir,karena heran dengan semangat sahabat tersebut.

Doa dan jangan putus asa! . kalo blom dikabulkan maka teruslah memohon

Sebab ga diterima doa karena tergesa2 dan putus asa

Selalu memanage pandangan

Mengontol pandangan saat melihat lawan jenis,

Ibnu taimiyah mengatakan menahan pandangan ini ada 2 macam :

1.       Memanage pandangan dengan tidak melihat aurat sesame jenis atau lawan jenis

2.       Tidak memandang wanita yang bukan mahram(lawan jenis)

Dan diantara sebab kita memanage pandangan,aakan meredam rasa rindu

Pandangan yang berulang2,adalah pematik yang terbesar yang bias menyalakan api kerinduan.

Kalo mandang sepintas,trus nunduk,maka ga mungkin timbul kasmaran,

Kalo berulang2..maka akan muncul rasa rindu,dan akhirnya akan menjadi biang kehancuran

Rasulallah pernah berkata pada jabir bin abdillah : wahai rasulullah,bagaimana dengan pandangan yang selintas,tidak sengaja,dan rasulullah memerintahkan kpd jabir untuk memalangkian pandangan

Dan salah satu hikmah nya dikatakan oleh mujahid pernah mengatakan :

Menundukann pandangan dari berbagai hal yang diharmkan oleh Allah,maka akan menimbulkan rasa cinta pada Allah.

Dan ketika seseorang sudah cinta ama Allah,cinta yang lain akan teredam. Oleh karena itu diantara solusi dan yang mujarab agar bias menghilangkan cinta,yaitu memanage pandangan terhadap lawan jenis

Lebih giat menyibukan diri dengan berbagai macam aktivitas yang bermanfaat

Jika orang itu nganggur,biasanya lebih mudah untuk berangan,tentang orang yang disukai,contohnya pemuda yang memikirkan wanita cantik yang tadi ditemuinya di warung.maka kalo ga ada kerjaan,maka pikiranya akan kemana2.

Namun jika orang itu sibuk,maka pemikiran2 tersebut akan mudah lenyap begitu saja.

Oleh karena itu,untuk memangkas kerinduan,sesorang hendaknya menyibukan diri dengan aktifitas2 yang bermanfaat,baik dalam masalah akhirat maupun dunianya.

Missal sibuk dengan ngaji,atau sibuk dengan sekolah.dengan segera,ga nunda2.

Dengan sibuk itu,rasa rindu,kangen,cinta akan lenyap,karena sudah tersibukan

Maka beda dengan orang2 yang nganggur,maka nganggurnya akan kea rah yang tidak bermanfaat,masuk fb maen game,ngeliatin foto2 nya harem,bias mikirin lawan jenis yang sebenarnya bukan suatu yang dihalalkan bagi dirinya

Maka benarlah apa yang diatakan oleh imam syafii

Yaitu sebenarnya perkataan orang sufi yang mengatakanya kepada imam syafii,yaitu orang sufi tersebut berkata kepada imam syafii :

Jika dirimu tidak tersibukan dengan hal yang baik,hal2 yang bermanfaat,maka pasti kw akan tersibukan dengan hal2 yang sia2.

Menghidanri nyanyian dan film2 percintaan

Ini terapi yang mujarab.karena ketika seseorang sudah kecanduan dengan yang namanya,nyanyian atau film2 percintaan maka nantinya akan ikut terhanyut.apalagi yang didengarkanya itu lagu yang mendayu2,dan lagu itu dapat menggetarkan hati orang yang sedang ditimpa kerinduan.didalamnya ada puisi2 cinta,maka orang yang rindu,akan semakin rindu dan semakin menggila2.

Sama aja kaya film cinta.oleh karena itu para ulama mengatakan :

Dari nyanyian itu seseorang itu bias terbuka pintu perzinaan.

Karena apa?

Karena ulama mengataka,yang namanya nyanyian itu adalah mantra2 zina.sebagaimana dikatakan oleh ibnu masud: nyanyian itu bias menumbuhkan sifat kemunafikan dalam hati,sebagaimana air menumbuhkan tanaman.

Dgn seorang itu kecanduan nyanyian,apalagi nyanyian yang berbau percintaan,maka akan semakin terbuka pintu perzinahan.

Awalnya emang ndengerin lagu doing.akhirnya dia punya keinginan untuk berhubungan dengan lawan jenis,awalnya sms,kemudian pengen berjumpa,ketemuan ato kencan.akhirnya sampe ujung2nya kedalam perzinahan.

Oleh karena itu imam safii jga pernah mengatakan nyanyian adalah suatu hal yang sia2 yang tidak ku sukai.karena nyanyian itu seperti kebathilan,barang siapa yang sudah kecanduan ,maka akibatnya jika ia menjadi saksi,maka saksinya itu tertolak,karena dia adaah orang yang fasik.

Sama kaya film.

Kita berusaha membayangkan kekurangan orang yang kita cintai

Jangan mbayangin kelebihan doing,kekurangan jga.biasanya orang yang jatuh cinta itu tidak adil,karena tidak adil menilai orang.

Kalo orang yang dicintai,dia ngeliat sisi2 positif doank. Yang baik2 doank yang dibayangkan.

Maka ada bentuk tidak ke adilan,seharusnya adilnya,melihat orang lain,dengan melihat sisi baik dan buruknya,kaya ntar bias pelit,boongan.

Maka benarlah apa yang dikatakan oleh ibnu jauzy :

Sesungguhnya manusia itu kalo dipandangan itu adalah manusia yang najis dan kotor.

Karena manusia punya banyak kekurangan.dan ga pantes bwt selalu dipuja,disanjung dan dirindukan.yang dirindukan itu sebenarnya ga sperti yang dihayalkan dalam lamunan.

Para ulama sering kali mengatakan

Apabila mata yang diliputi oleh hawa nafsu,itu akan menjadi buta.

Karena apa?

Karena apabila seseorang sudah menilai orang yang sudah menjadi kekasihnya,maka yang dinilai yang sisi2 baik aja,karena apa? KARENA sudah diliputi hawa nafsu,dan sisi2 buruknya ga diperhatikan

Rangkuman dari ceramah ustad muhammad abduh tuasikal

Advertisements

2 responses

  1. ijin copy y,
    y sy setuju, semakin manis cintanya dengan Allah swt, cinta yg lain(kpd lwn jenis) memudar.

    , cinta yg lain(kpd lwn jenis) memudar.

    July 24, 2011 at 10:53 pm

  2. yup..silahkan mbak

    July 25, 2011 at 12:09 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s