Hanyalah sebuah coretan

curhat

Catatan Untuk Seorang Kawan (kumpulan dalil tentang evaluasi harian dan lainya)

Bismillah

Awalnya mari kita fahami makna sunah nabi

Makna sunnah Nabi

Yang dimaksut dengan sunnah nabi adalah petunjuk dan jalan yang ditempuh. Di dalamnya mencakup perkara-perkara yang hukumnya oleh Rasulallah baikpun itu wajib maupun sunnah,yang berkaitan dengan akidah maupun ibadah dan yang berkaitan mualamah maupun akhlak.
Para ulama mengatakan bahwa sunnah artinya mengamalkan Al Qur’an dan hadits serta mengikuti para pendahulu yang shalih serta ber-ittiba’ (berteladan) dengan jejak mereka. (Al Hujjah fi Bayanil Mahajjah,2/428,Ta’dhimus Sunnah,18).
Ibnu Rajab menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan As Sunnah pada asalnya adalah jalan yang ditempuh dan itu meliputi sikap berpegang teguh dengan apa yang dijalani oleh Nabi dan para khalifahnya baik keyakinan, amalan, maupun ucapan. Dan inilah makna As Sunnah secara sempurna. (Jami’ul ‘Ulum wal Hikam, hadits no. 28) .

(more…)

Advertisements

Ngomporin Nikah Muda

Image
#Edisi Ngomporin Nikah Muda# (Edisi Lengkap)”Mau nikah tapi belum ada modal mas?”
### Nikah kok pake nunggu ngumpulin modal, emang mau buka toko!. Nikah kok nunggu mapan, nunggu kaya, nunggu sejahtera. Kebalik tuh. Segera nikah, biar segera dimapankan, dikayakan, disejahterakan 🙂 (more…)

Ku pinang kau sesuai sunnah

Ku pinang engkau sesuai sunnah , sesuai jalan di mana rasul dan para sahabatnya berjalan diatasnya . . .

apakah ada jalan terbaik selain dari jalan para rasul dan sahabatnya ? . . .

(more…)


Aku Ingin Mencintaimu

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana:
dengan kata yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api yang menjadikannya abu

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana:
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
awan kepada hujan yang menjadikannya tiada

[Sapardi Djoko Damono, 1989]


Wanita… akal setipis rambutnya…

Jangankan lelaki biasa..
nabi pun terasa sunyi tanpa wanita..
tanpa mereka, fikiran dan perasaan lelaki akan resah..
masih mencari walau ada segalanya..
apa yang ada didalam syurga..
namun Adam tetap rindukan Hawa..
dijadikan wanita daripada tulang rusuk yang bengkok..
untuk diluruskan oleh lelaki..
tetapi seandainya lelaki itu tidak lurus..
mana mungkin kayu yang bengkok menghasilkan bayang yang lurus.
(more…)


ya Ukhti ! Ku Mohon, Berjilbablah Sesuai Syar’ie

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarrakatuh

Kamu tau kenapa saya suka wanita itu pakai jilbab? Jawabannya sederhana, karena mata saya susah diajak kompromi. Bisa dibayangkan bagaimana saya harus mengontrol mata saya ini mulai dari keluar pintu rumah sampai kembali masuk rumah lagi. Dan kamu tau? Di kampus tempat saya seharian disana, kemana arah mata memandang selalu saja membuat mata saya terbelalak. Hanya dua arah yang bisa membuat saya tenang, mendongak ke atas langit atau menunduk ke tanah.

(more…)


Haruskah aku menjadi ustadz dulu, baru boleh meminang dirimu?


 بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم 

Haruskah aku menjadi ustadz dulu, baru boleh meminang dirimu?

Kira2 bgtulah kegalauan hati seorang teman saya, ketika lamarannya ditolak oleh ‘si akhwat’ karena dia bukan seorang ustadz.

Itu memang hak dia untuk menolak saya, kata teman saya menghibur dirinya!!!!!

(more…)


maukah kau, saudariku ?

Saudariku………
Berbahagialah engkau dengan ketakwaanmu
Dalam setiap hela nafas,engkau selalu mengagungkan asmanya
Rasa takutmu pada Allah akan membawamu menuju keabadian cintanya
Dan Ia senantiasa singgah disinggasana hatimu
Amal-amal sholeh yang kau tanam,akan menempatkanmu dalam Surga Kenikmatan
Saudariku……..

(more…)


Maaf sobat , bukanya aku tidak mau mengucapkan happy birthday

[NO COPYRIGHT]

Semoga Allah selalu memberi petunjuk kepada kita semua.aaamiiin

Teman teman Fillah sekalian,mungkin kalian heran tentang note ini, kok judulnya tentang ulang tahun..? emang ada apa dengan ulang tahun…? , sabar dulu… sebelum kita membahas yang namanya ulang tahun, akan lebih afdol buat kita semua dan bahkan penting banget untuk benar benar memahami tentang sunnah rasulallah shalallahu alayhi wasallam . . .

(more…)


Jadi Ikhwan Jangan Genit !!!

Jadi ikhwan jangan genit

Kalau diluar tampil alim dan sangat sibuk

Tapi waktu dengar adzan, ke masjidpun jadi yang paling ngantuk

Apalagi kalau mau datang waktu Jum’atan

Beuh,lewat depan rumah si akhwat dengan tampilan paling jantan

Seakan dia sedang memikirkan berbagai hal

Padahal tujuannya nggak jauh- jauh dari update sendal

Astagfirullah….

(more…)